Skip to main content

Teknologi Berpadu Seni di Asuhan Asyharuddin, Guru SMKN 12 Surabaya - Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog)

SIAP MANDIRI: Asyharuddin dikerubuti murid-murid SMKN 12 Surabaya. Di bidang multimedia, dia mengajari siswanya membuat desain dan konten sendiri. (Dite Surendra/Jawa Pos/JawaPos.com)

Mulanya, Asyharuddin senang-senang saja ketika menjadi guru di program keahlian kriya tekstil cetak saring di SMKN 12 Surabaya. Namun, pada 2002–2003 dia banting setir menjadi guru multimedia. Sejumlah terobosan pun dia dilakukan.

AWAL Mei lalu kebahagiaan Asyharuddin seolah semakin lengkap. Sebab, dia berhasil menjadi guru berprestasi SMK tingkat Kota Surabaya. Inovasi pembelajaran yang digagas memang tidak main-main. Dia membuat strategi pembelajaran InEl WeS GoBlog BerMasalah. Strategi itu dibuat untuk mengatasi hambatan ketika belajar pemrograman web dasar.

Di era teknologi informasi saat ini, multimedia memang banyak dibutuhkan. Pembuatan website, misalnya. Website dinilai penting sebagai media promosi. Bukan hanya website untuk bisnis online, tetapi juga website profil perusahaan. Asyharuddin, guru multimedia SMKN 12, menyatakan bahwa para siswa tidak hanya diajarkan mengambil template dari blog-blog yang ada. ’’Tapi, membuat desain sendiri dan bisa ditawarkan pada orang lain. Termasuk kontennya, ini mahal,’’ katanya.

Bekal keterampilan untuk siswa memang menjadi prioritas. Sebab, setelah lulus banyak siswa yang berorientasi kerja. Para lulusan, kata dia, setidaknya bisa memiliki usaha sampingan atau freelance dengan skill yang dimiliki. ’’Selain bekerja sendiri, bisa sambil freelance,’’ tuturnya.

Karena itu, mindset atau pola pikir yang disampaikan kepada siswa harus kuat. Persepsi tentang website pun harus disamakan. ’’Apa yang dikerjakan para siswa itu sebaiknya bisa terjual. Tidak sekadar belajar dan bisa, tapi juga harus bisa diaplikasikan dalam hidupnya,’’ jelasnya. Agar bisa berhasil dan berbeda, siswa harus belajar pemrograman web dan sebaiknya memiliki sense seni. ’’Supaya hasil website-nya juga tidak terlalu kaku,’’ tegasnya.

Asy, sapaan Asyharuddin, sebenarnya pernah kuliah di jurusan seni dan keterampilan IKIP Surabaya. Dia lantas mengajar kriya tekstil cetak saring di SMKN 12. Namun, sebuah tuntutan baru datang menghampiri. ’’Kita diminta untuk mendirikan multimedia pada 2002/2003,’’ ungkapnya.

Cikal bakal untuk jurusan multimedia saat itu sudah ada di sekolah. Yakni, ada pembelajaran tentang web design. Para guru pun harus kembali belajar untuk mengisi kebutuhan guru multimedia. ’’Jadi, harus belajar, dapat beasiswa di ITS untuk belajar pemrograman IT-nya,’’ tuturnya.

Dari tuntutan itu, Asy semakin lama semakin menikmati. Dia memiliki keahlian baru sekaligus bisa mengajar dengan komputer dan berbasis IT. Bekal di bidang seni dikolaborasikan dengan multimedia. ’’Teknologi berpadu seni,’’ jelasnya.

Perpaduan antara teknologi dan seni itu sebenarnya punya nilai lebih tersendiri. Terutama pada hasil akhir produk situs yang dihasilkan. ’’Ada daya artistik dan tidak terlalu kaku,’’ ucapnya.

Namun, perpaduan itulah yang menjadi tantangannya. Asy perlu ikut masuk pada karakter siswa. Terutama untuk mengajak mereka menyelami keindahan. Meski begitu, dia tidak memaksakan karakternya kepada siswa. ’’Siswa berkreasi sesuai karakternya sendiri,’’ paparnya.

Penataan warna, misalnya. Para siswa perlu tahu padu padan warna yang bagus dan tidak njomplang. Sebab, padu padan warna yang menarik menjadi bagian atau performance sebuah situs.

Belajar di dalam kelas kadang tidak benar-benar optimal. Karena itu, Asy dengan tangan terbuka menerima berbagai konsultasi siswa di luar kelas. Sebab, belajar pemrograman web dibutuhkan ketelitian dan kecermatan yang tinggi. ’’Mereka akan bingung kalau cuma di dalam kelas, jadi bisa konsultasi ataupun sharing di luar kelas secara informal,’’ jelasnya.

Asy berharap para siswa bisa belajar dengan baik. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, ilmu pengetahuan tentang multimedia bisa disampaikan atau dibagikan kepada orang lain. ’’Bisa tambah manfaatnya,’’ ucapnya.(puj/c15/nda)

Rekomendasi Untuk Anda

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan Teknologi Berpadu Seni di Asuhan Asyharuddin, Guru SMKN 12 Surabaya - Jawa Pos (Siaran Pers) (Blog) : http://ift.tt/2s3U9gi

Comments

Popular posts from this blog

Teknologi skal få dig hurtigere over Storebælt: Nummerpladen er bilens nye ... - DR

Warriors blast Rockets in second half, force Game 7 OAKLAND, Calif. - More than seven months and 98 games later, the Rockets' quest to surpass and succeed the champion Warriors comes down to one more game. The collision course that had been viewed by many to be no more than the Rockets' quixotic obsession brought them to a Game 7 Monday at Toyota Center, their shorthanded bid to eliminate the Warriors in a stunning upset coming up a half short. The Warriors blasted the Rockets in the second half when the 3s poured in, the Rockets' bogged down and the absence of Chris Paul became most conspicuous as the Warriors joyfully rolled to a 115-86 ro... Let's block ads! (Why?) Baca Kelanjutan Teknologi skal få dig hurtigere over Storebælt: Nummerpladen er bilens nye ... - DR : https://ift.tt/2IRGPId

ごみ処理場で軽トラと衝突…作業員が転落し死亡【愛媛・伊予市】(テレビ愛媛) - Yahoo!ニュース

テレビ愛媛 伊予市のごみ処理施設で18日午前、作業員の男性が軽トラックとぶつかり、ごみを溜めるピットに転落して死亡しました。 18日午前9時半頃、伊予市三秋の伊予地区清掃センターで市の臨時職員・武智秀高さん(61)が軽トラックとぶつかり、約6メートル下のごみをためるピットに転落しました。 武智さんは松山市の病院に搬送されましたが、全身を強く打っていて約1時間半後に死亡しました。 武智さんは軽トラックをごみの投入口まで誘導していたということです。 警察は軽トラックを運転していた67歳の女性から事情を聴くなどし、原因を詳しく調べています。 伊予地区清掃センターは今後、一般の利用者は高さ1メートルほどの破砕機にゴミを投入してもらうなど、対策をとることにしています。 テレビ愛媛 Let's block ads! (Why?) "ゴミ" - Google ニュース March 18, 2020 at 04:30PM https://ift.tt/2WrNNsI ごみ処理場で軽トラと衝突…作業員が転落し死亡【愛媛・伊予市】(テレビ愛媛) - Yahoo!ニュース "ゴミ" - Google ニュース https://ift.tt/2sQokwh Shoes Man Tutorial Pos News Update Meme Update Korean Entertainment News Japan News Update

Amazon-Schnäppchen am Mittwoch: Praktische Produkte aus der Kategorie PC, Laptop & WLAN - CHIP Online

techtiktak.blogspot.com Bei Amazon gibt es auch heute Zubehör für Notebooks, Tablets, WLAN-Router und PCs zu reduzierten Preisen - und dank unseres Deal Finders finden Sie auch jedes Schnäppchen. Worauf es beim Kauf eines Notebooks wirklich ankommt, erklären wir Ihnen im Video. Täglich hat Amazon PCs, Notebooks und Technik-Zubehör zu reduzierten Preisen. Welche Angebote es gibt und ob die Deals wirklich so gut sind, wie sie suggerieren, zeigt Ihnen unsere Schnäppchentabelle, die Ihnen zwei Vorteile bietet: Sie sehen aktuell laufende Amazon-Blitzdeals übersichtlich unterteilt in die spannendsten Kategorien, etwa "Haushalt & Garten", "Handys & Zubehör" und "PCs & Notebooks". Außerdem zeigen wir Ihnen einen aussagekräftigeren Streichpreis und entsprechend auch fairen Rabatt an. Denn Amazon zeichnet nicht alle Angebote mit einem Vorher/Nachher-Preis aus. Und selbst wenn, ist noch lange nicht gesagt, dass der Deal-Preis gut ist. Viell