Skip to main content

Pendidikan yang Menginspirasi Bisa Berkawan dengan Teknologi - Edukasi Kompas.com

KOMPAS.com - Bosan dengan desain blognya, seorang pelajar kelas 1 SMA bernama Zahra (16) mencari tema dan template yang cocok dalam pengaturan website blog. Namun, setelah lama mencari, ia belum menemukan template blog yang sesuai sehingga memutuskan untuk membuat sendiri.

Sebetulnya, Zahra sama sekali belum tahu cara personalized theme untuk blognya. Ia pun berusaha mengumpulkan gambar yang diinginkannya, membuat sketsa asal untuk desain blog dan mencari informasi cara membuat tema di internet dengan coding sederhana.

Bermodal mesin pencari Google, Zahra mengitkuti tutorial membuat template blog yang menggunakan coding sederhana. Akhirnya, template blog yang sesuai keinginannya pun jadi.

Apabila Zahra masih berkutat pada pembuatan coding sederhana sebatas untuk blog, maka berbeda dengan Yuma Soerianto (10).

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Anak berkewarganegaraan Australia dan keturunan Indonesia ini sudah berhasil menciptakan lima aplikasi, yaitu Let's Stack, Hunger Button, Kid Calculator, Weather Duck, dan Pocket Poke. Dia mampu membuat itu berkat kemampuan coding yang dipelajarinya secara otodidak.

Mirip dengan Zahra, Yuma belajar coding lewat internet, tepatnya melalui YouTube. Kegiatan tersebut ia tekuni sejak ia berumur 6 tahun. Berkat kemampuannya itu, ia pun diundang dalam acara Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Jose (AS) pada 2017.

Tak cuma coding, internet sebenarnya bisa membantu siswa dalam proses belajar di sekolah. Contohnya seperti yang dipaparkan Ben McNeeley pada buku Educating the Net Generation.

Jurnalis dari North Carolina State University ini menceritakan pengalaman adiknya yang masih SMA ketika kesulitan mengerjakan tugas kimia.

“Adik saya menggunakan WebAssign, aplikasi belajar berbasis internet yang dikembangkan North Carolina State University, untuk menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) pelajaran kimia,” ujarnya.

Tiga kisah di atas pun membuktikan bahwa internet bisa menjadi solusi anak-anak untuk menyelesaikan masalahnya.

Internet bukan lagi alat untuk memenuhi kebutuhan hiburan semata, tetapi menjadi penopang anak dalam belajar. Mereka bisa belajar bahasa inggris, fisika, matematika, dan kimia seperti dari tayangan tutorial di YouTube.

Kondisi tersebut sesuai dengan hasil penelitian pada International Journal of Education and Information Technologies yang dipublikasikan pada 2008. Studi terkait pandangan orangtua di Turki tentang anak-anaknya yang menggunakan internet menyimpulkan bahwa internet dianggap sebagai teknologi maju yang menjadi jendela dunia terhadap informasi.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Untuk itu, perlu dipikirkan kembali jika ada pihak yang kerap menyuruh anak menjauhi internet sewaktu belajar. Sebab, dengan arahan yang tepat, internet dan teknologi justru mendukung proses belajar anak, seperti pada kisah adik Ben McNeeley.

Teknologi pendamping belajar anak

Berkaca pada fakta di atas, maka sekolah sebaiknya turut menggunakan teknologi sebagai media pendukung aktivitas belajar murid. Ini karena teknologi bisa membuat proses belajar mengajar jadi lebih interaktif, tidak lagi terlalu fokus pada guru, tetapi lebih terpusat pada anak.

Meski begitu, peran guru dalam penggunaan teknologi pada kegiatan belajar mengajar tetap penting. Mereka harus bisa memastikan agar anak didik mampu memanfaatkan teknologi secara sehat dan tepat.

Dengan begitu, anak didik pun bisa leluasa mendapat akses ke ilmu pengetahuan.

Metode pendidikan berbasis teknologi seperti itu salah satunya ada di Samsung Smart Learning Class (SSLC). Di sini siswa-siswi menggunakan tablet yang sudah terkoneksi dengan internet sebagai media belajar. Tablet juga sudah terprogram diisi dengan e-learning pelajaran matematika, dan sains sains, coding dan ilmu pengetahuan lainnya.

Nah, dengan dukungan seperti ini, para siswa diharapkan mampu mengembangkan diri dan kemampuannya sesuai bakat dan minat. Tiap anak pun jadi punya kesempatan lebih besar untuk bisa menggapai impiannya dan menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi banyak orang.

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan Pendidikan yang Menginspirasi Bisa Berkawan dengan Teknologi - Edukasi Kompas.com : http://ift.tt/2G75nKY

Comments

Popular posts from this blog

Teknologi skal få dig hurtigere over Storebælt: Nummerpladen er bilens nye ... - DR

Warriors blast Rockets in second half, force Game 7 OAKLAND, Calif. - More than seven months and 98 games later, the Rockets' quest to surpass and succeed the champion Warriors comes down to one more game. The collision course that had been viewed by many to be no more than the Rockets' quixotic obsession brought them to a Game 7 Monday at Toyota Center, their shorthanded bid to eliminate the Warriors in a stunning upset coming up a half short. The Warriors blasted the Rockets in the second half when the 3s poured in, the Rockets' bogged down and the absence of Chris Paul became most conspicuous as the Warriors joyfully rolled to a 115-86 ro... Let's block ads! (Why?) Baca Kelanjutan Teknologi skal få dig hurtigere over Storebælt: Nummerpladen er bilens nye ... - DR : https://ift.tt/2IRGPId

ごみ処理場で軽トラと衝突…作業員が転落し死亡【愛媛・伊予市】(テレビ愛媛) - Yahoo!ニュース

テレビ愛媛 伊予市のごみ処理施設で18日午前、作業員の男性が軽トラックとぶつかり、ごみを溜めるピットに転落して死亡しました。 18日午前9時半頃、伊予市三秋の伊予地区清掃センターで市の臨時職員・武智秀高さん(61)が軽トラックとぶつかり、約6メートル下のごみをためるピットに転落しました。 武智さんは松山市の病院に搬送されましたが、全身を強く打っていて約1時間半後に死亡しました。 武智さんは軽トラックをごみの投入口まで誘導していたということです。 警察は軽トラックを運転していた67歳の女性から事情を聴くなどし、原因を詳しく調べています。 伊予地区清掃センターは今後、一般の利用者は高さ1メートルほどの破砕機にゴミを投入してもらうなど、対策をとることにしています。 テレビ愛媛 Let's block ads! (Why?) "ゴミ" - Google ニュース March 18, 2020 at 04:30PM https://ift.tt/2WrNNsI ごみ処理場で軽トラと衝突…作業員が転落し死亡【愛媛・伊予市】(テレビ愛媛) - Yahoo!ニュース "ゴミ" - Google ニュース https://ift.tt/2sQokwh Shoes Man Tutorial Pos News Update Meme Update Korean Entertainment News Japan News Update

M1版Mac mini購入記。驚愕のパフォーマンスと、CrossOver 20で秀丸の動作も確認 - PC Watch

M1版Mac mini   Apple は11月10日(現地時間)、初のAppleシリコンとなる「M1」を発表、同時にM1を搭載したMacBook Air、13インチMacBook Pro、Mac miniを発表した。筆者は早速メモリを16GBへ増やしたMac miniを購入したので試用レポートをお届けしたい。 Apple M1チップを搭載した新型Mac mini  これまでの筆者手持ちのMac miniは第2世代Core i5プロセッサを搭載したMid 2011。最終的にはメモリを16GB、SSD 512GBを搭載し、1回ファンを交換するなど結構長い間使っていた。今でもテキスト/サーバー系の処理なら問題なく動くのでたまに起動している。  Mac miniに関しては2012年、2014年、2018年と交換するタイミングがあったものの、2012年モデルは2011年モデルを買ったばかりなのでやめ、2014年はメモリがオンボードなのがいまいちで、2018年モデルは当時のメインマシンが第7世代のCore i7だったので見送り……と長らくアップデートするタイミングを失っていた。第10世代か第11世代搭載機が出ればと思っていたところにM1版Mac miniの発表があったので飛びついた次第だ。  今回購入したのは、SSD 256GBでメモリを16GBへカスタマイズしたモデル。カスタマイズなしのメモリ8GBであれば11月17日着だったが、この関係で11月20日に到着している。おもな仕様は以下のとおり。 【表1】Apple「Mac mini(2020)」の仕様 プロセッサ Apple M1チップ (高性能コア×4、高効率コア×4、8コアGPU、16コアNeural Engine) メモリ 8GB/16GB(ユニファイドメモリ) ストレージ SSD 256GB/512GB/1TB/2TB OS macOS 11 Big Sur ネットワーク機能 Gigabit Ethernet、Wi-Fi 6(IEEE 802.11ax)、Bluetooth 5.0 インターフェイス Thunderbolt 3×2(DisplayPort出力は1基のみ)、HDMI、USB Type-A×2、3.5mmヘッド...